Senin , April 23 2018
Home / Wisata / Pesona Objek Wisata Situ Cibeureum Tasikmalaya
Situ Cibeureum, Tamansari, Tasikmalaya. (Foto: Rizal/Explore Tasik)

Pesona Objek Wisata Situ Cibeureum Tasikmalaya

Tasikmalaya memiliki berbagai objek wisata, salah satunya adalah Situ Cibeureum yang terletak di Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Situ ini memiliki luas sekitar 21 H. Untuk sampai kesana anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pusat Kota Tasikmalaya. Jika anda mengunjungi situ ini, anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti mancing, foto, dan bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati Situ Cibeureum. Situ Cibeureum jug memiliki fungsi ekologi seperti Situ Gede yaitu sebagai penjaga ekosistem dan seumber irigasi warga sekitar

Sejarah:

Konon menurut masyarakat sekitar, nama Situ Cibeureum diambil dikarenakan pada masa lalu, air di situ itu berubah warna menjadi kemerahan sehingga namanya menjadi Situ Cibeureum (Air Merah). Kuncen Situ Cibeureum Atang menuturkan bahwa sekitar 500 tahun yang lalu atau 15 Masehi, tinggal seorang tokoh tua di era kebataraan Galunggung, yakni seorang tokoh agama jaman Hindu yang dikenal dengan sebutan Ki Bagus Djamri.

Suatu hari, Ki Bagus Djamri bermimpi bahwa dia harus membuat taman yang penuh dengan bunga-bunga di lokasi dekat kolam. Dalam mimpi itupun, dia harus mendirikan gubuk di suatu bukit yang disebut Nusa “pangepulan” (Perkumpulan).

Beliau tidak diceritakan asalnya darimana, tetapi berniat menyepi di suatu daerah Pegunungan untuk mendekatkan diri pada sang Maha Kuasa. Tibalah Ki Bagus Djamri itu di suatu tempat yang menurutnya sama persis dengan yang diimpikan, yaitu sebuah pegunungan yang memiliki kolam.

Suatu hari, Ki Bagus Djamri bermimpi bahwa dia harus membuat taman yang penuh dengan bunga-bunga di lokasi dekat kolam. Dalam mimpi itupun, dia harus mendirikan gubuk di suatu bukit yang disebut Nusa “pangepulan” (Perkumpulan).

Ki Bagus Djamri pun melaksanakan perintah yang muncul dari mimpinya itu. Dia membangun sebuah taman, lengkap dengan tempat untuk berkumpul di tempat yang dekat dengan kolam tersebut. Lama kelamaan, kolam tersebut membesar dan air terus melimpah sehingga membanjiri wilayah itu. Namun, bagi Ki Bagus Djamzri karena tinggal disuatu Nusa Pangepulan tadi, dia tidak hanyut dalam air. Air hanya mengelilingi nusa, seperti halnya nusa di Situ Panjalu Ciamis.

Akhirnya, kolam yang tadinya kecil ini membentuk menjadi sebuah situ yang kemudian dinamai Situ Cibeureum. Ki Bagus kemudian mengundang para penduduk lain untuk tinggal di daerah yang berdekatan dengan situ. Bahkan, Nusa Pangepulan yang dulu hanya didiami seorang diri oleh Ki Bagus Djamri mulai ramai didatangi tokoh lain.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sejumlah makam keramat yang mengelilingi makam Ki Bagus Djamri. Keberadaan sejumlah makam itu membuktikan bahwa Nusa Pangepulan ini pernah dijadikan sebagai tempat tinggal.

Tambah atang, di Nusa Pangepulan itu, selain terdapat makam Ki Bagus Djamri, terdapat pula makam Syeh Majagung, Nyi Dambawati, Sugrianingrat, Nyi Ratnaningrum dan Nyi Ratnawulan, dan bangsawan di era Padjadjaran. (Sumber).

Mitos

Menurut warga sekitar kerap ada pengunjung yang suka kesurupan. Itu diakibatkan karena cawokah (sombong) atau mengucapkan kata-kata yang tidak sopan ketika berada di lingkungan Situ Cibeureum. hal tersebut dibenarkan oleh Atang (60) selaku kuncen di situ tersebut, Ia pun mewanti-wanti kepada pengunjung yang datang agar tak sombong dan takabur saat berada di situ.

Comments

comments

Check Also

Taman Karang Resik, Taman Wisata “Kekinian” di Tasikmalaya

Bila kamu mampir atau berwisata ke Kota Tasikmalaya, tidak komplit rasanya bila belum mengunjungi taman wisata “Kekinian” di Kota Tasikmalaya ini, yaitu taman wisata karang resik.

Taman wisata karang resik merupakan taman kota yang dikelola langsung oleh Pemkot Tasikmalaya yang berada di Jln. Mochamad Hatta, Kota Tasikmalaya. Lokasi objek wisata karang resik terletak di perbatasan antara Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis yang dilewati jalur penghubung antar provinsi di pulau Jawa, sehingga menjadikan taman wisata Karang Resik sebagai objek wisata yang sangat strategis.

Amphitheater, sebagai tempat pentas seni yang mampu menampung 1000 penonton dengan posisi duduk layaknya dalam gedung teater. (Dokumentasi Pribadi)

Jarak tempuh dari pusat Kota Tasikmalaya menuju objek wisata karangresik kurang lebih 2 KM. Lokasi objek wisata karang resik yang berada diperbatasan Tasik-Ciamis sangat mudah sekali dijangkau oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Tasik-Ciamis. Taman kota yang memiliki luas 32 hektare ini mengusung konsep agrowisata, wisata alam, wisata atraksi, edukasi, budaya, dan lainnya.

Rumah pohon. (Dokumentasi Pribadi)

Meskipun objek wisata taman resik ini baru dibuka beberapa bulan yang lalu, objek wisata yang rampung 85% ini mampu menyedot banyak wisatawan yang berasal dari Tasikmalaya dan Ciamis pada khususnya.

Taman bunga karang resik. (Dokumentasi Pribadi)

Beberapa tempat wisata di dalamnya yang sudah bisa dinikmati para pengunjung di antaranya rumah Hobbit, teras cikapundung, peta park, the lodge maribaya, barusen, waterboom, taman bunga, museum 3D, Farm House, cafe di bukit, amphiteather, flying fox, arung jeram sungai citanduy, dan masih banyak lagi.

Ketinggian flying fox sekitar 200 meter di atas sungai citanduy. (Dokumentasi Pribadi)

Harga tiket masuk wisata karang resik cukup terjangkau, cukup dengan Rp. 15.000,- perorang. Bila hendak menikmati wisata tambahan yang ada didalamnya seperti flying fox, arung jeram, Farm House, dan Waterboom, cukup menambahkan uang Rp. 20.000, – perorang untuk dapat masuk ke tempat wisata tambahan.

Farm House, tempat wisata berkonsepkan dunia peternakan. (Dokumentasi Pribadi)

Objek wisata karang resik juga terdapat lokasi wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya yaitu lokasi spot selfie yang tentunya gratis bagi semua pengunjung wisata seperti jembatan cirahong, rumah pohon, rumah viking, sepeda gantung, dan banyak lagi. Terdapat juga amphitheater untuk pertunjukan pentas seni dengan kapasitas 1.000 orang penonton dan sejumlah lokasi lainnya untuk adventure. Tambahan lokasi wisata lainnya adalah konsep agrowisata dengan menampilkan sejumlah sayuran untuk edukasi.

Jembatan Cirahong, terbuat dari rangkaian bambu hasil karya kreatif masyarakat Kota Tasikmalaya. (Dokumentasi Pribadi)

Selain menyediakan wahana wisata rekreasi, terdapat juga tempat wisata belanja yang menjual produk khas Kota Tasikmalaya dan rumah makan. Dengan konsep lingkungan hijau, para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Sebanyak 15 kolam ikan yang diisi berbagai jenis ikan menghiasi taman kota Tasikmalaya ini.

Saung sebagai tempat istirahat para pengunjung objek wisata karang resik. (Dokumentasi Pribadi)

Ada pula bangunan pendopo dengan bahan 20.000 bambu sebagai ciri khas Sunda yang memperkaya nilai kebudayaan. Kedepannya akan dibangun pula resort atau vila untuk pengunjung outbond yang memerlukan penginapan.

Demikian beberapa ulasan mengenai taman kota karang resik sebagai objek wisata terbaru di Kota Tasikmalaya. Tertarik? Ayo segera berlabuh ke objek wisata karang resik!

 

download free themes Comments comments

3 comments

  1. Wow, great article.Really thank you! Really Great.

  2. Thanks a lot for the article.Thanks Again. Fantastic.

  3. Thanks for sharing, this is a fantastic blog.Really thank you! Want more.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: